Saturday, March 9, 2013

Manfaat Internet Di Bidang Bisnis

Manfaat Internet di Bidang Bisnis

Orang telah menemukan berbagai manfaat internet di bidang bisnis. Banyak perusahaan, baik skala kecil maupun besar yang memanfaatkan internet demi menunjang bisnis mereka. Bahkan ada yang dengan semata-mata menjadikan internet sebagai media utama dalam berbisnis, atau yang biasa disebut sebagai bisnis online.
Perusahaan yang bisa memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis mereka, dipastikan akan memperoleh pendapatan yang lebih besar dan menghemat uang. Dengan menggunakan internet, sebuah perusahaan dengan sendirinya akan memiliki tingkat visibilitas yang tinggi karena ditunjang oleh aksesibilitas berbasis web.
Bisnis Kecil
Salah satu manfaat internet di bidang bisnis kecil adalah bahwa internet menciptakan pasar yang kompetitif di mana usaha kecil memiliki kesempatan untuk tumbuh lebih cepat menjadi perusahaan yang lebih besar.
Pemasaran dan Periklanan
Manfaat internet di bidang bisnis salah satunya mempermudah sekaligus memperluas jaringan pemasaran. Sebuah perusahaan bisa memasarkan produk dan atau jasa tanpa menggunakan teknik pemasaran tradisional seperti brosur, surat, dan iklan di surat kabar.
Pemasaran online menghemat uang perusahaan yang seharusnya dapat digunakan untuk cara-cara pemasaran tradisional tersebut.
Pelanggan yang Lebih Besar
Keuntungan kunci dari internet untuk bisnis adalah potensi pertumbuhan pelanggan. Sebuah usaha kecil tanpa situs web mungkin dapat bersaing hanya dengan bisnis usaha kecil lokal lainnya.
Namun, dengan menggunakan atau melakukan bisnis di internet, perusahaan akan memiliki potensi untuk mendapatkan pelanggan dari seluruh dunia. Ini karena internet buka 24 jam sehari dan bisa diakses oleh siapa pun, di mana pun.
Memperluas Jaringan
Yang juga termasuk manfaat internet di bidang bisnis adalah terbukanya jaringan dan kerja sama dengan pengusaha atau organisasi lain. Banyak pelaku bisnis internet telah membuat kerja sama dengan orang lain di bidang mereka, di mana mereka dapat saling berbagi solusi mengenai tantangan ataupun berbagi manfaat bisnis dengan menggunakan internet.
Kenyataan ini dengan sendirinya akan menunjang bertambahnya pengalaman sekaligus mendorong pertumbuhan bisnis mereka.
Menghemat Uang
Bisnis yang menggunakan internet akan sangat menghemat uang. Kertas dan perlengkapan kantor lainnya bisa diminimalkan penggunaannya. Perusahaan bisa mengganti surat atau fax hanya dengan email. Perusahaan juga bisa menyimpan data-data di internet.
Program Afiliasi
Bisnis internet juga bisa membuka program afiliasi yang akan memperluas pelanggan dan memperbesar pendapatan. Orang bisa mendaftar pada program afiliasi yang diadakan oleh perusahaan dengan mendapat persenan atas keberhasilan transaksi yang dilakukan.
Dan ini berarti, perusahaan bisa membuka sebanyak-banyaknya reseller dari bisnis perusahaan tersebut. Dengan demikian, perusahaan sangat berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar.

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang di Blog Kumpulan Ilmu, Semoga Bermanfaat