Saturday, March 9, 2013

Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan

Karya Tulis
Tema : Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan
I
nternet merupakan jaringan komputer yang awalnya dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Internet adalah jaringan komputer yang mencakup seluruh dunia. Seiring dengan berkembangnya teknologi, internet masuk ke Indonesia pada tahun 1990-an.
Ada banyak manfaat internet dalam dunia pendidikan. Internet dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar dan luas yang dapat diakses dengan cepat, khususnya di bidang pendidikan. Dari internet kita bisa mendapatkan informasi, ilmu, atau pelajaran yang mungkin tidak kita dapati di sekolah. Sistem belajar ini cepat, mudah, dan murah. Kita pun dapat mengambil informasi tersebut dengan dalam bentuk data/doc, file, musik, gambar, dan film. Kita pun bisa menyimpan data di internet dan tidak perlu lagi untuk takut data tersebut akan hilang.
Pengaruh internet dalam dunia pendidikan, khususnya bagi SD harus diperkenalkan sejak dini karena sangat membantu anak dalam meningkatkan mutu pendidikan. Internet juga berperan penting dalam pendidikan karena siswa tidak jenuh dalam belajar. Sebagaimana selama ini kita belajar di sekolah dengan metode guru berceramah menjelaskan. Tapi, belum tentu keseluruhan siswa akan mengerti tentang pembelajaran. Tapi, peran guru juga sangatlah diperlukan dalam membantu siswa.
Dengan internet siswa pun merasa lebih nyaman dan santai, tidak lagi mendengar seperti di sekolah. Dimana guru hanya menjelaskan sesekali saja. Tidak seperti apabila kita belajar secara online kita dapat membacanya berilang-ulang sampai kita mengerti betul apa yang dimaksud atau tujuan dari materi tersebut. Adapun siswa dipermudah dalam mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi siswa pun semakin berkembang dan maju.
Siswa pun dapat menjadikan internet sebagai perpustakaan online yang biasanya sumber ilmu kurang di perpustakaan sekolah. Siswa juga dapat mendownload buku melalui internet dengan mudah dan tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Internet dalam dunia pendidikan juga dapat mempercepat, mempermudah, ataupun memperdekat komunikasi antara guru dan siswa. Seperti kebanyakan para dosen - dosen di universitas – univesitas apabila memberikan tugas kepada mahasiswa / mahasiswi yang dikumpul melalui e-mail. Dengan internet siswa juga dapat pembelajaran lebih konsptual dan aktual.
Namun, apabila materi pembelajaran atau informasi yang diinginkan tidak ditemukan atau kurang memuaskan atau tidak terlalu meyakinkan bagi para siswa. Kita juga dapat menggunakan manfaat internet dalam dunia pendidikan dengan komunikasi. Yaitu dengan cara menanyakannya kepada teman – teman yang mungkin bisa membantu kita. Misalnya melalui Facebook, twitter, Skype, e-mail, dsb. Kita juga dapat berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya baik orang lokal maupun orang mancanegara. Cara yang paling sering digunakan yaitu dengan yahoo answer.
Siswa akan lebih aktif dalam mencari ilmu pengetahuan, apalagi pada bulan ini sudah mendekati UN ( Ujian Nasional ). Dengan itu siswa dapat melatih atau mencoba kemampuannya untuk menghadapi Ujian Nasional dengan mengakses soal – soal Ujian Nasional pada tahun - tahun sebelum – sebelumnya.
Namun, bukan hanya siswa yang dapat merasakan peran pentingnya internet dalam dunia pendidikan. Guru pun bisa berperan dalam memanfaatkan internet dalam dunia pendidikan. Contohnya : Mempermudah penjelasan konsep. Dengan adanya internet guru dapat menyampaikan konsep pembelajaran dengan metode audiovisual, contoh : dengan menggunakan LCD . Bukan hanya itu, guru juga bisa menambah ilmunya. Mungkin guru juga belum terlalu menguasai materi atau pembahasan yang akan dibawakan atau diajarkan kepada siswanya.
Sehingga dengan adanya internet, proses belajar mengajar tidak lagi membosankan. Juga mendorong siswa agar lebih aktif dalam mencari ilmu pengetahuan dengan menggunakan internet dan tidak bergantung pada buku.
Terima Kasih, Karena telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat bagi semua orang.

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang di Blog Kumpulan Ilmu, Semoga Bermanfaat